skip to Main Content
Alhamdulillah! UPA Perpustakaan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Dan Prodi Bahasa & Kebudayaan Arab Universitas Al-Azhar Indonesia Terima Sertifikat Audit Eksternal

Alhamdulillah! UPA Perpustakaan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, dan Prodi Bahasa & Kebudayaan Arab Universitas Al-Azhar Indonesia Terima Sertifikat Audit Eksternal

Rektor dan Sivitas Akademika Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) mengucapkan selamat kepada Unit Pelaksana Akademik (UPA) Perpustakaan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, dan Program Studi Bahasa & Kebudayaan Arab yang telah berhasil mendapatkan sertifikat audit ISO pada Selasa, 11 Juni 2024. Rektor UAI, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., menyerahkan sertifikat ISO 21001:2018 kepada Dr. Lusi Lian Piantari, S.S., M.Hum., selaku Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya dan Fazlur Rachman, S.Pd.I., M.S, selaku Kepala program Studi Bahasa & Kebudayaan Arab, serta menyerahkan sertifikat ISO 9001:2015 kepada Anita, S.Hum., M.Hum., selaku Kepala Unit Pelaksana Akademik Perpustakaan, yang berlangsung di Ruang Rektor.

Sebelumnya, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Al-Azhar Indonesia (FIB UAI), Program Studi (Prodi) Bahasa & Kebudayaan Arab, serta UPA Perpustakaan telah sukses melalui proses audit eksternal. FIB dan Prodi Bahasa & Kebudayaan Arab UAI telah menyelenggarakan proses audit eksternal ISO 21001:2018 oleh auditor yang berasal dari lembaga sertifikasi PT Evodia Global Sertifikasi, yaitu Dr. Erfi Ilyas Koto. Proses penilaian berlangsung selama dua tahap. Tahap pertama berlangsung pada Selasa, 12 Desember 2023, sedangkan tahap kedua berjalan selama tiga hari, yaitu pada Kamis, 4 Januari 2024 hingga Sabtu, 6 Januari 2024. Tahap pertama berfokus pada penilaian (1) manajemen puncak, (2) bagian akreditasi dan sertifikasi terkait dengan pengendalian sistem manajemen organisasi, dan (3) layanan pendidikan S1 Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya dan Program Studi Bahasa & Kebudayaan Arab, sedangkan pada tahap kedua, audit berfokus pada (1) observasi lapangan, (2) Badan Penjaminan Mutu UAI,.(3) Program Studi Bahasa dan Kebudayaan Arab secara lebih mendetail, dan (4) sistem administrasi di tata usaha, sistem manajemen laboratorium bahasa, dan sistem pelayanan perpustakaan. 

UPA Perpustakaan juga telah mengadakan proses audit ISO 9001:2015 yang berlangsung pada Selasa, 20 Februari 2024. Proses audit dilaksanakan oleh para auditor dari lembaga sertifikasi Worldwide Quality Assurance Asia Pacific (WQA-APAC),.Andi Prasetyo dan Achmad S. Husin, yang  dilaksanakan secara langsung di tempat. Para auditor menanyakan berbagai hal kepada UPA Perpustakaan, mulai dari (1) sistem manajemen mutu, (2) sistem pelayanan, promosi, dan literasi informasi, (3) sistem manajemen mutu di bagian pengembangan koleksi dan administrasi, dan (4) sistem manajemen di bagian pengolahan, otomasi, dan digitalisasi.                                                                                                                 

Semoga dengan penyerahan sertifikat ISO 21001:2018 kepada Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Al-Azhar Indonesia (FIB UAI), dan Program Studi (Prodi) Bahasa & Kebudayaan Arab, serta sertifikat ISO 9001:2015 kepada UPA Perpusatakaan, Universitas Al-Azhar Indonesia dapat terus meningkatkan pelayanan pendidikan maupun pelayanan operasional menjadi jauh lebih baik.

Back To Top