skip to Main Content
Fakultas Psikologi & Pendidikan UAI Dan Tanoto Foundation Adakan “Kick Off Rumah Anak SIGAP” Untuk Pembekalan Program MSIB

Fakultas Psikologi & Pendidikan UAI dan Tanoto Foundation Adakan “Kick Off Rumah Anak SIGAP” untuk Pembekalan Program MSIB

Fakultas Psikologi dan Pendidikan Universitas Al-Azhar Indonesia (FPP UAI) bekerja sama dengan Tanoto Foundation menyelenggarakan acara “Kick Off Rumah Anak SIGAP” pada Senin, 9 September 2024, di Ruang Amphiteater UAI. Acara ini bertujuan untuk memberikan pembekalan bagi mahasiswa FPP UAI yang akan melaksanakan program Kampus Merdeka Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) di Rumah Anak SIGAP Tanoto Foundation selama empat bulan. 

Acara dibuka dengan sambutan dari Dekan Fakultas Psikologi dan Pendidikan, Dr. Fidesrinur, M.Pd. Dalam sambutannya, beliau menjelaskan bahwa program Rumah Anak SIGAP melibatkan tiga Program Studi di FPP UAI, yaitu Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD), Psikologi, dan Bimbingan dan Konseling Islam. Beliau menekankan pentingnya peran mahasiswa dalam mendidik para orang tua agar lebih siap mengajarkan pendidikan yang tepat bagi anak-anak mereka.

Selanjutnya, Rektor Universitas Al-Azhar Indonesia, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., turut memberikan sambutan yang mempertegas komitmen UAI dalam mendukung program-program pendidikan yang berdampak pada kesejahteraan anak-anak dan masa depan bangsa. Beliau mengapresiasi kolaborasi dengan Tanoto Foundation yang memiliki visi yang sejalan dengan UAI, yaitu mencetak generasi yang unggul melalui pendidikan anak usia dini yang berkualitas.

Irwan Gunawan, M.Pd., selaku SIGAP Program Manager Tanoto Foundation, dalam sambutannya menjelaskan bahwa Rumah Anak SIGAP merupakan inisiatif Tanoto Foundation yang berfokus pada peningkatan kualitas pusat pendidikan dan perkembangan anak usia dini, baik di daerah perkotaan maupun pedesaan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman orang tua dalam pengasuhan anak, serta memastikan anak usia dini mendapatkan stimulasi yang tepat. “Dengan memberikan kesiapan yang baik pada anak usia 1-3 tahun, diharapkan mereka dapat lebih siap menghadapi pendidikan formal dan menjadi generasi yang lebih berkualitas,” ujarnya.

Setelah sesi sambutan, perwakilan dari Tanoto Foundation memperkenalkan program Rumah Anak SIGAP secara lebih mendalam. Para mahasiswa peserta MSIB diberikan pembekalan mengenai tujuan, fungsi, peran, serta target yang ingin dicapai dari program ini. Rumah Anak SIGAP, yang diluncurkan pada 2019, kini telah memiliki cabang di empat lokasi: Jakarta, Pandeglang, Semarang, dan Kutai Kartanegara. 

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Rumah Anak SIGAP menjadi wujud nyata kontribusi Fakultas Psikologi & Pendidikan UAI serta Tanoto Foundation dalam menciptakan generasi masa depan yang lebih berkualitas.

 

Back To Top