skip to Main Content
Wakil Rektor III UAI Terima Gelar Profesor Tamu Dari Fujian Polytechnic Normal University

Wakil Rektor III UAI Terima Gelar Profesor Tamu dari Fujian Polytechnic Normal University

Rektor dan Sivitas Akademika Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) mengucapkan selamat dan sukses kepada Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan & Alumni, Dr. Faisal Hendra, Lc., M.A., yang telah terpilih menjadi guest professor atau Profesor Tamu di Fujian Polytechnic Normal University (FPNU). Upacara penyerahan sertifikat Letter of Appointment Guest Profesor tersebut diselenggarakan di Ruang Rektorat UAI pada Rabu, 12 Juni 2024. Rektor Universitas Al-Azhar Indonesia, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., menerima sertifikat profesor tamu dari perwakilan kampus FPNU di Indonesia, Dr. Hendry Jurnawan, yang kemudian diserahkan kepada Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan & Alumni, Dr. Faisal Hendra, Lc., M.A. Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Drs. Zirmansyah, M.Pd., Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya, Ir. Ade Suryanti, M.M. IPU., Sekretaris Eksekutif, Dini Priatini, S.K.M., Wakil Ketua Pusat Bahasa Mandarin UAI, Drs. Murni Djamal, M.A., dan Ketua Program Studi Bahasa Mandarin & Kebudayaan Tiongkok, Feri Ansori, S.S., M.Ed.                                      

Acara dibuka dengan penyampaian sambutan dari Wakil Ketua Pusat Bahasa Mandarin UAI, Drs. Murni Djamal, M.A., bahwa Wakil Rektor III, Dr. Faisal Hendra, Lc., M.A., telah dipilih oleh petinggi Fujian Polytechnic University (FPNU) untuk menjadi guest professor atau profesor tamu. Menurut beliau, semenjak UAI dan FPNU menandatangani perjanjian kerjasama, kedua perguruan tinggi saling berkolaborasi dalam bidang pendidikan, termasuk mengirim tenaga pengajar Bahasa Indonesia ke FPNU. Dr. Hendry Jurnawan, selaku perwakilan FPNU di Indonesia, menyampaikan pesan yang disampaikan oleh petinggi FPNU, yaitu ucapan selamat kepada Wakil Rektor III UAI yang telah terpilih menjadi profesor tamu di FPNU. Beliau menjelaskan bahwa nantinya Wakil Rektor III akan menjadi Profesor Tamu di FPNU selama 3 tahun ke depan, mulai dari tahun 2024 hingga tahun 2027. Pihak FPNU berharap Dr. Faisal Hendra, Lc., M.A., dapat memberikan sumbangan tenaga dan pikiran bagi FPNU. Tidak hanya itu saja, beliau juga memperkenalkan FPNU kepada hadirin. Fujian Polytechnic Normal University merupakan perguruan tinggi yang berasal dari Provinsi Fujian di Republik Rakyat Tiongkok. FPNU dahulunya merupakan bagian dari Fujian Normal University (FNU), namun seiring berjalannya waktu, FPNU memutuskan untuk memisahkan diri dari FNU. “Dari 2700-an perguruan tinggi di Tiongkok, 18 diantaranya memiliki Program Studi Bahasa Indonesia, dan FPNU adalah (perguruan tinggi) ke-19, yang termuda” ucap beliau. Rektor Universitas Al-Azhar Indonesia, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., juga menyampaikan bahwa dengan adanya penganugerahan Wakil Rektor III UAI sebagai profesor tamu dapat terus menguatkan hubungan persahabatan antara UAI dan FPNU, serta berharap suatu saat dosen-dosen UAI lainnya mendapatkan kesempatan untuk menjadi profesor tamu di FPNU. Beliau juga berpesan apabila di FPNU ada Indonesia Center, maka UAI dapat membantu pelaksanaan Festival Adat Indonesia disana. Pertemuan ditutup dengan sesi makan bersama antara pimpinan UAI dan perwakilan FPNU di Indonesia. 

Semoga dengan penganugerahan Dr. Faisal Hendra, Lc., M.A., sebagai profesor tamu (guest professor), dapat menjadi jembatan persahabatan antara Universitas Al-Azhar Indonesia dan Fujian Polytechnic Normal University (FPNU) yang dapat menguatkan kerjasama antar dua perguruan tinggi. 

\

Back To Top