skip to Main Content
Rayakan Hari Kemerdekaan Ke-79, UAI Tanam Dua Bibit Tanaman Tin Di Halaman Masjid Agung Al Azhar 

Rayakan Hari Kemerdekaan ke-79, UAI Tanam Dua Bibit Tanaman Tin di Halaman Masjid Agung Al Azhar 

Untuk menutup kegiatan penanaman pohon di wilayah DKI Jakarta, Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) mengadakan acara penanaman pohon di halaman Masjid Agung Al-Azhar pada Kamis, 22 Agustus 2024. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-79 dan sebagai bentuk kontribusi dalam upaya mengurangi pemanasan global serta melestarikan keanekaragaman hayati. Acara ini dihadiri oleh Rektor UAI, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Drs. Zirmansyah, M.Pd., Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya, Ir. Ade Suryanti, M.M. IPU., Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan & Alumni, Dr. Faisal Hendra, Lc., M.A., Direktur Kemahasiswaan & Pemberdayaan Alumni, Dr. Iin Suryaningsih, S.S., M.A., Kepala Program Studi Magister Pengelolaan Sumber Daya Alam, Dr. Dra. Nita Noriko, M.S., Kepala Takmir Masjid Agung Al-Azhar, Drs. H. Tatang Komara, M.A., serta para mahasiswa UAI. 

Direktur Kemahasiswaan & Pemberdayaan Alumni, Dr. Iin Suryaningsih, S.S., M.A., melaporkan bahwa kegiatan penanaman pohon di masjid-masjid wilayah DKI Jakarta telah terlaksana dengan baik pada 5-10 Agustus 2024. Beliau menyampaikan bahwa sebanyak 47 masjid di DKI Jakarta telah ditanami oleh 142 mahasiswa UAI. Menurut beliau, penanaman pohon ini menunjukkan bahwa Universitas Al-Azhar Indonesia turut berkontribusi dalam mengurangi pemanasan global dan mendukung program green campus di lingkungan DKI Jakarta. 

Rektor UAI, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., menyampaikan bahwa program penanaman pohon merupakan bukti kepedulian UAI terhadap lingkungan. “Jika kita memberikan yang terbaik untuk lingkungan, lingkungan akan membalas dengan memberikan yang terbaik untuk kita,” ujar beliau. Rektor juga menginformasikan bahwa tanaman yang akan ditanam adalah buah Tin, salah satu tanaman yang disebutkan dalam Al-Qur’an. Beliau menjelaskan bahwa melalui penanaman bibit Tin, mahasiswa dapat mempelajari betapa sistematis dan matematisnya ciptaan Allah.  

Kepala Takmir Masjid Agung Al-Azhar, Drs. H. Tatang Komara, M.A., mengucapkan terima kasih kepada pimpinan dan mahasiswa UAI yang telah membantu memakmurkan Masjid Agung Al-Azhar melalui penanaman pohon Tin. Beliau menambahkan bahwa buah Tin melengkapi koleksi tanaman di sekitar Masjid Agung Al-Azhar, yang sebelumnya telah ada pohon kurma. “Mudah-mudahan ini menjadi salah satu motivasi kami untuk terus menyayangi lingkungan,” tutup beliau. 

Acara diakhiri dengan penyerahan dua bibit pohon Tin dari Rektor UAI, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., kepada Kepala Takmir Masjid Agung Al-Azhar, Drs. H. Tatang Komara, M.A., yang kemudian diikuti dengan prosesi penanaman pohon oleh para mahasiswa UAI.  

 

 

 

 

Back To Top