Membentuk Masa Depan
Sejak Dini
Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini
Tentang Prodi
Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) berdiri pada tahun 2012. Program Studi PG PAUD UAI menekankan penguatan keilmuan yang interdisipliner dengan memadukan ilmu psikologi, sosiologi, neurosains, kesehatan, dan ilmu gizi. Strategi ini mendukung tercapainya visi PG PAUD untuk menghasilkan sarjana pendidikan anak usia dini yang unggul dan bermartabat, dengan memiliki pengetahuan yang komprehensif untuk mendukung perkembangan anak secara holistik.
Kurikulum yang dirancang berbasis Outcome-Based Education (OBE) memastikan bahwa setiap mahasiswa memiliki kemampuan praktis dan teoritis yang dapat diaplikasikan dalam bidang pendidikan anak usia dini, dengan mengintegrasikan nilai-nilai rahmatan lil alamin yang sesuai dengan misi untuk menerapkan nilai-nilai Islami dalam pendidikan.
Visi
Menjadi Program Studi PG-PAUD terkemuka untuk menghasilkan sarjana pendidikan anak usia dini yang unggul dan bermartabat, memiliki kemampuan intelektual, berlandaskan nilai-nilai spiritual, moral, dan etika Islami.
Misi
- Melaksanakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang pendidikan anak usia dini yang memberikan daya ungkit bagi bangsa, dengan menerapkan kaidah enterprising university berdasarkan nilai rahmatan lil alamin.
- Menyelenggarakan tata kelola Program Studi PG PAUD yang memanfaatkan potensi internal yang inovatif serta ditunjang kemitraan strategis dengan DUDI, sehingga dapat menghasilkan lulusan berintelektualitas unggul dan berakhlakul karimah.
- Menyelenggarakan kajian keilmuan pendidikan anak usia dini untuk mewujudkan Prodi PG PAUD sebagai rujukan di tingkat nasional dan global.
Visi Keilmuan
Menjadi pusat unggulan PAUD di bidang pedagogi holistik dalam konteks urban yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam di tingkat nasional pada tahun 2035. Program Studi PG-PAUD UAI berkomitmen untuk mewujudkan lulusan yang kompeten dalam merancang dan menerapkan pedagogi holistik yang mengintegrasikan nilai Islam serta mampu mengelola lembaga PAUD dengan keterampilan manajerial, kepemimpinan, dan kewirausahaan yang berkualitas, berdaya saing, berkelanjutan, dan responsif terhadap tantangan di lingkungan perkotaan.
Unggul
Memiliki kualitas lulusan, proses pembelajaran, dan kontribusi akademik yang kompetitif dan diakui di tingkat nasional.
Pedagogi Holistik terintegrasi dengan Nilai-Nilai Islam
Pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan seluruh aspek perkembangan anak dengan nilai-nilai Islam (akhlak, akidah, ibadah).
Konteks Urban
Kemampuan mengidentifikasi, menganalisis, dan memberikan solusi terhadap tantangan PAUD di wilayah perkotaan (multikulturalisme, teknologi, kepadatan, gaya hidup, dll).
Tingkat Nasional Pada Tahun 2035
Diakui sebagai rujukan dan berkontribusi signifikan dalam pengembangan PAUD di Indonesia.
Akreditasi
PG-PAUD Terakreditasi “Baik Sekali” oleh BAN-PT Dengan Nomor SK: 3838/SK/BAN-PT/Ak.KP/S/IX/2023 Sampai Dengan 27 Oktober 2025.
Aktifitas Kami
Bermain itu menyenangkan, dan kami menjadikannya bermakna.
Mahasiswa terlibat dalam perancangan media belajar interaktif, observasi langsung di lembaga PAUD, hingga praktik mengajar dalam suasana nyata. Selain itu, kami juga aktif mengikuti kegiatan Ormawa, serta mengikuti lomba-lomba baik akademik maupun non akademik. Pengalaman ini meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kreativitas kami menjadi pendidik PAUD.
Para Dosen
Kurikulum
Mode Kuliah: Hybrid (Offline dan Online)
Jumlah SKS Lulus: 144 SKS
Pendekatan desain kurikulum berbasis
OBE (Outcome-Based Education).
OBE adalah metode merancang pendidikan
yang dimulai dari output yang diinginkan
(kompetensi lulusan), lalu diturunkan ke kurikulum,
metode ajar, dan evaluasi.
Tahun 1
Semester I
| Mata Kuliah | SKS |
| Ilmu Pendidikan | 3 |
| Konsep Dasar PAUD | 3 |
| Pancasila | 2 |
| Perkembangan AUD | 3 |
| Profesi Kependidikan | 3 |
| Sosiologi AUD* | 2 |
| Kewarganegaraan | 2 |
| Bahasa Indonesia | 2 |
| 20 |
Semester II
| Mata Kuliah | SKS |
| Permasalahan AUD | 2 |
| Neurosains dalam Pembelajaran | 2 |
| Komunikasi dalam PAUD | 2 |
| Kapita Selekta Psikologi Pendidikan Islam | 3 |
| Pengantar Statistik | 2 |
| Bahasa Arab Akademik | 2 |
| Kesehatan dan Gizi | 3 |
| Bahasa Inggris Akademik | 2 |
| Dasar-dasar kurikulum PAUD | 2 |
| 20 |
Tahun 2
Semester III
| Mata Kuliah | SKS |
| Kurikulum PAUD | 3 |
| Media Pembelajaran AUD | 3 |
| Strategi Pembelajaran | 3 |
| Bermain dan Permainan | 3 |
| Psikologi Pendidikan | 3 |
| Manajemen Penyelengaraan Pendidikan Anak Usia Dini | 3 |
| Penumbuhan Jiwa Kepemimpinan dan Kewirausahaan | 3 |
| Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus | 3 |
| 24 |
Semester IV
| Mata Kuliah | SKS |
| Metodologi Penelitian Kuantitatif | 3 |
| Pengembangan Fisik Motorik AUD | 3 |
| Pengembangan Bahasa AUD | 2 |
| Pengembangan Sosial Emosional AUD | 2 |
| Pengembangan Kognitif AUD | 2 |
| Perencanaan Pembelajaran | 3 |
| Pengelolaan Kelas | 2 |
| Islam Lintas Disiplin Ilmu | 3 |
| Edupreneur | 2 |
| Bahasa Inggris AUD* | 2 |
| 24 |
Tahun 3
Semester V
| Mata Kuliah | SKS |
| Pengembangan Seni AUD | 2 |
| Metodologi Penelitian Kualitatif | 3 |
| Metodologi Penelitian Tindakan Kelas | 2 |
| Musik dan Gerak | 2 |
| Pengembangan Nilai Agama Moral AUD | 2 |
| Pembelajaran Sains | 2 |
| Pembelajaran Matematika | 2 |
| Penilaian Pembelajaran PAUD | 3 |
| Evaluasi Pembelajaran PAUD | 2 |
| Literasi Digital dan Kreativitas | 3 |
| 23 |
Semester VI
| Mata Kuliah | SKS |
| Pemberdayaan dan Perlindungan Anak | 3 |
| Seminar Proposal | 2 |
| Pengajaran Mikro | 3 |
| Pendidikan Keorangtuaan | 3 |
| Administrasi dan Supervisi PAUD | 2 |
| Inovasi dan Kreatifitas | 3 |
| Pendidikan Agama Islam | 3 |
| Manajemen Program Edukatif | 4 |
| 23 |
Tahun 4
Semester VII
| Mata Kuliah | SKS |
| Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) | 4 |
| 4 |
Semester VIII
| Mata Kuliah | SKS |
| Skripsi |
6 |
| 6 |
Prospek Karier
Guru PAUD/TK
Peran utama lulusan PG-PAUD di lembaga pendidikan formal dan nonformal.
Kepala Sekolah PAUD
Posisi manajerial di lembaga PAUD yang membutuhkan pemahaman pedagogis dan kepemimpinan.
Kreator Konten Edukasi Anak
Pengembang video edukatif bertema anak usia dini di berbagai platform digital.
Wirausaha Mainan Edukatif
Mengembangkan dan memasarkan mainan yang mendukung tumbuh kembang anak secara kreatif dan menarik.
Pengelola Daycare
Mendirikan dan mengelola tempat penitipan anak dengan pendekatan kekinian dan ramah anak.
Fasilitator Komunitas Parenting
Menginisiasi kegiatan edukatif untuk orang tua muda melalui komunitas daring maupun luring.
Penulis Buku Cerita Anak
Mengembangkan buku cerita bergambar bagi anak usia dini.
Pengembang Mainan Edukatif Anak
Mengembangkan mainan yang mendukung proses belajar anak-anak.
Pemateri Workshop Anak dan Keluarga
Menjadi narasumber atau fasilitator kegiatan pelatihan yang melibatkan anak-anak, guru, atau orang tua.
Fasilitas
Alumni Kami
Terimakasih kepada PG PAUD UAI juga para dosen. Kuliah dengan jurusan yang menyenangkan juga bermanfaat saya jalani di PG PAUD UAI ini. Selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat, tentunya disertai dengan praktek secara langsung sehingga saya bisa menerapkan nya sekarang ini di PAUD KM 0. Memberikan pemahaman mendalam tentang perkembangan anak usia dini, metode pembelajaran, cara mendidik dan mengasuh anak, serta menciptakan lingkungan main yang aman, nyaman, dan menyenangkan.
Aku sangat berterimakasih kepada para dosen PG PAUD UAI yang sudah mengajarkan aku cara praktek mengajar yang sangat terpakai ketika aku mnegajar disini, kemudian aku juga diajarkan cara membuat media pembelajaran yang juga bisa aku praktekan ketika aku mengajar di Al Jabr Islamic School.
Alhamdulillah, menempuh pendidikan di PG PAUD UAI tidak hanya ilmu kependidikan yang di dapat, nilai- nilai islam juga diterapkan disetiap bidang mata kuliah menjadi nilai plus tersendiri bagi lulusan PG PAUD UAI. Selain itu pengalaman organisasi menjadi bekal bagi saya untuk memimpin dan mengelola suatu kegiatan di sekolah, hal ini tidak terlepas dari dukungan dan bimbingan dari dosen- dosen yang kompeten di bidangnya serta kerjasama prodi dengan instansi lain yang memberikan kesempatan teman- teman mahasiswa untuk belajar dan mencari pengalaman di luar kampus.
Alhamdulillah, Selama menempuh pendidikan di PG PAUD UAI, banyak sekali bekal yang saya dapatkan untuk mengejar karier saya di dunia pendidikan. Selain itu, bekal pendidikan agama pun saya mendapatknnya.
Alhamdulillah selama saya menjadi mahasiswa di PG PAUD UAI, saya mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman terutama dalam pendidikan anak usia dini dan juga bekal pendidikan agama untuk saya mengajar di Kindergarten Syafana Islamic School Icon BSD.
Kuliah di PG PAUD Universitas Al Azhar Indonesia menjadi pengalaman yang sangat berkesan dan bermanfaat bagi saya. Banyak ilmu yang saya dapatkan dan kini bisa langsung saya terapkan dalam kegiatan mengajar. Salah satunya adalah materi tentang pola asuh anak, yang membantu saya memahami dan memilih pendekatan yang tepat untuk diterapkan di kelas. Selain itu, pembelajaran yang diperkaya dengan metode praktik juga sangat membantu meningkatkan rasa percaya diri saya saat mengajar. Saya merasa lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi dinamika pendidikan anak usia dini.
Kerjasama & Mitra
Informasi Pendaftaran
Biaya dan Panduan
Biaya Kuliah
Rincian Biaya 2026:
| Semester 1 | Semester 2 dan berikutnya |
| Rp8.500.000 | Rp5.400.000 |
SYARAT DAN KETENTUAN :
1. Biaya Formulir Pendaftaran sebesar Rp. 400.000 untuk S1 (Biaya pendaftaran yang dibayar tidak dapat dikembalikan)
2. Biaya di atas dalam bentuk Ribuan Rupiah
3. Maksimal pembayaran UKT adalah tanggal 10 tiap bulan
4. Biaya belum termasuk biaya tugas akhir dan Biaya Wisuda ataupun Kebutuhan pribadi lainnya selama perkuliahan (sesuai ketentuan universitas)
5. Jika sudah melakukan pembayaran daftar ulang, tidak dapat mengganti prodi ataupun jalur masuk
6. Pengajuan Pengembalian Dana Biaya Daftar Ulang untuk Kelas Reguler S1 Jika Melakukan Pembayaran Langsung LUNAS Berlaku dengan Ketentuan Sebagai Berikut
a. Jika diterima PTN melalui jalur SNBP, SNBT dan UTBK yang diselenggarakan oleh Pemerintah, Maka akan dikembalikan 50% dari total yang sudah dibayarkan
b. Jika diterima PTN melalui jalur Mandiri atau Kedinasan, maka akan dikembalikan 30% dari total yang sudah dibayarkan
c. Jika diterima PTS atau Alasan Lainnya, Maka Tidak Ada Pengembalian Dana
7. Pengajuan Pengembalian Dana Biaya Daftar Ulang untuk Kelas Reguler S1 Jika Melakukan Pembayaran CICILAN Berlaku dengan Ketentuan Sebagai Berikut :
a. Jika diterima PTN melalui jalur SNBP, SNBT dan UTBK yang diselenggarakan oleh Pemerintah, Maka akan dikembalikan 20% dari total Daftar Ulang (angsuran 1&2)
b. Jika diterima PTN melalui jalur SNBP, SNBT dan UTBK yang diselenggarakan oleh Pemerintah, Maka akan dikembalikan 10% dari pembayaran Daftar Ulang angsuran 1
c. Jika diterima PTN melalui jalur Mandiri atau Kedinasan, Maka akan dikembalikan 10% dari total yang sudah dibayarkan
d. Jika diterima PTS atau Alasan Lainnya, Maka Tidak Ada Pengembalian Dana
8. Pengembalian dana hanya bisa dilakukan dalam batas waktu maksimal yang telah ditentukan oleh universitas, yaitu 31 Agustus 2026
Pedoman & Jalur Masuk
Lainnya
Program Kuliah
Program S1 Reguler
Program S1 Kelas Karyawan
⧉Daftar | ⧉Program
Perkuliahan di kelas karyawan dilaksanakan dengan metode Hybrid learning. Yakni memadukan pertemuan tatap muka dengan pertemuan online. Dengan metode ini, mahasiswa dapat belajar dengan maksimal tanpa mengganggu waktu bekerja mereka.
Program S1 Alih Jenjang D3 (RPL)
⧉Daftar | ⧉Program
Diperuntukan bagi Lulusan D3 yang ingin melanjutkan pendidikan ke S1. Metode belajar memadukan pertemuan tatap muka dan pertemuan online.
Program S1 Portofolio (RPL)
⧉Daftar | ⧉Program
Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) menyambut baik kebijakan pemerintah dengan memberikan akses secara terbuka kepada masyarakat untuk mengajukan permohonan pengalaman belajar di masa lampau untuk diakui dan dikurangi beban belajar saat melanjutkan pendidikan di UAI. S1 Kelas Portofolio (RPL) bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi setiap individu untuk mendapatkan pengakuan capaian pembelajaran lampau, agar dapat mengikuti pendidikan formal pada Program Studi di UAI.
Program S2 Magister
⧉Daftar | ⧉Program
Diperuntukkan bagi sarjana yang ingin meraih gelar magister. Saat ini, UAI membuka program studi
Magister Ilmu Hukum,
Magister Ilmu Komunikasi,
Magister Linguistik Terapan,
Magister Pengelolaan Sumber Daya Alam,
dan Magister Psikologi Pendidikan
bagi para sarjana yang ingin mendalami ilmau2 tersebut sebagai salah satu pendekatan dalam merespon berbagai permasalahan yang terjadi saat ini. Metode kuliah dilaksanakan secara hybrid.
Program S3 Doktoral
⧉Daftar | ⧉Program
Dirancang untuk para magister yang ingin melangkah ke jenjang tertinggi dalam pendidikan hukum.
Universitas Al-Azhar Indonesia kini membuka Program Studi Doktor Ilmu Hukum, sebagai jawaban atas kebutuhan akan pemikiran hukum yang lebih tajam, kontekstual, dan berdampak.
Program ini ditujukan bagi akademisi, profesional, maupun praktisi hukum yang ingin memperdalam riset serta berkontribusi dalam menyelesaikan tantangan hukum di berbagai lini kehidupan.
Perkuliahan dijalankan secara hybrid, memberi fleksibilitas tanpa mengorbankan kualitas.
Informasi lebih lanjut,
tanyakan via obrolan
Kontak Kami
ALAMAT
Sekretariat Fakultas Psikologi dan Pendidikan
Universitas Al-Azhar Indonesia, Lantai 7



















