Membentuk Masa Depan

Sejak Dini

Pendidikan Guru

Pendidikan Anak Usia Dini

Tentang Prodi

Program studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) berdiri pada tahun 2012.  Program Studi PG PAUD UAI menekankan penguatan keilmuan yang interdisipliner dengan memadukan ilmu psikologi, sosiologi, neurosains, kesehatan, dan ilmu gizi. Strategi ini mendukung tercapainya visi PG PAUD untuk menghasilkan sarjana pendidikan anak usia dini yang unggul dan bermartabat, dengan memiliki pengetahuan yang komprehensif untuk mendukung perkembangan anak secara holistik.

Kurikulum yang dirancang berbasis Outcome-Based Education (OBE) memastikan bahwa setiap mahasiswa memiliki kemampuan praktis dan teoritis yang dapat diaplikasikan dalam bidang pendidikan anak usia dini, dengan mengintegrasikan nilai-nilai rahmatan lil alamin yang sesuai dengan misi untuk menerapkan nilai-nilai Islami dalam pendidikan.

Visi

Menjadi Program Studi PG-PAUD terkemuka untuk menghasilkan sarjana pendidikan anak usia dini yang unggul dan bermartabat, memiliki kemampuan intelektual, berlandaskan nilai-nilai spiritual, moral, dan etika Islami.

Misi

  • Melaksanakan Pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang pendidikan anak usia dini yang memberikan daya ungkit bagi bangsa, dengan menerapkan kaidah enterprising university berdasarkan nilai rahmatan lil alamin.
  • Menyelenggarakan tata kelola Program Studi PG PAUD yang memanfaatkan potensi internal yang inovatif serta ditunjang kemitraan strategis dengan DUDI, sehingga dapat menghasilkan lulusan berintelektualitas unggul dan berakhlakul karimah.
  • Menyelenggarakan kajian keilmuan pendidikan anak usia dini untuk mewujudkan Prodi PG PAUD sebagai rujukan di tingkat nasional dan global.

Visi Keilmuan

Menjadi pusat unggulan PAUD di bidang pedagogi holistik dalam konteks urban yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam di tingkat nasional pada tahun 2035. Program Studi PG-PAUD UAI berkomitmen untuk mewujudkan lulusan yang kompeten dalam merancang dan menerapkan pedagogi holistik yang mengintegrasikan nilai Islam serta mampu mengelola lembaga PAUD dengan keterampilan manajerial, kepemimpinan, dan kewirausahaan yang berkualitas, berdaya saing, berkelanjutan, dan responsif terhadap tantangan di lingkungan perkotaan.

Unggul

Memiliki kualitas lulusan, proses pembelajaran, dan kontribusi akademik yang kompetitif dan diakui di tingkat nasional.

Pedagogi Holistik terintegrasi dengan Nilai-Nilai Islam

Pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan seluruh aspek perkembangan anak dengan nilai-nilai Islam (akhlak, akidah, ibadah).

Konteks Urban

Kemampuan mengidentifikasi, menganalisis, dan memberikan solusi terhadap tantangan PAUD di wilayah perkotaan (multikulturalisme, teknologi, kepadatan, gaya hidup, dll).

Tingkat Nasional Pada Tahun 2035

Diakui sebagai rujukan dan berkontribusi signifikan dalam pengembangan PAUD di Indonesia.

Akreditasi

PG-PAUD Terakreditasi “Baik Sekali” oleh BAN-PT Dengan Nomor SK: 3838/SK/BAN-PT/Ak.KP/S/IX/2023 Sampai Dengan 27 Oktober 2025. 

 

Aktifitas Kami

Bermain itu menyenangkan, dan kami menjadikannya bermakna.

Mahasiswa terlibat dalam perancangan media belajar interaktif, observasi langsung di lembaga PAUD, hingga praktik mengajar dalam suasana nyata. Selain itu, kami juga aktif mengikuti kegiatan Ormawa, serta mengikuti lomba-lomba baik akademik maupun non akademik. Pengalaman ini meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kreativitas kami menjadi pendidik PAUD.

Para Dosen

Nila

Fitria,

S.Pd., M.Pd.

 

Kepala Program Studi

 

Nurfadilah,

S.Psi., M.Psi.

Sekretaris Program Studi

 

 

Dr.Suwardi,

S.Pd., M.Pd.

 

Dosen

 

Rohita,

S.Pd., M.Pd.

 

Dosen

Zahrina

Amelia,

S.Pd., M.Pd.

 

Dosen

 

Kurikulum

Mode Kuliah: Hybrid (Offline dan Online)

Jumlah SKS Lulus: 144 SKS 

Pendekatan desain kurikulum berbasis
OBE (Outcome-Based Education).

OBE adalah metode merancang pendidikan 
yang 
dimulai dari output yang 
diinginkan 
(
kompetensi lulusan), lalu 
diturunkan ke kurikulum
metode ajar, dan 
evaluasi.

 

Tahun 1

Semester I
Mata Kuliah SKS
Ilmu Pendidikan 3
Konsep Dasar PAUD  3
Pancasila 2
Perkembangan AUD 3
Profesi Kependidikan 3
Sosiologi AUD* 2
Kewarganegaraan 2
Bahasa Indonesia 2
20
Semester II
Mata Kuliah SKS
Permasalahan AUD 2
Neurosains dalam Pembelajaran 2
Komunikasi dalam PAUD 2
Kapita Selekta Psikologi Pendidikan Islam 3
Pengantar Statistik 2
Bahasa Arab Akademik 2
Kesehatan dan Gizi 3
Bahasa Inggris Akademik 2
Dasar-dasar kurikulum PAUD 2
20

Tahun 2

Semester III
Mata Kuliah SKS
Kurikulum PAUD 3
Media Pembelajaran AUD 3
Strategi Pembelajaran 3
Bermain dan Permainan 3
Psikologi Pendidikan 3
Manajemen Penyelengaraan Pendidikan Anak  Usia Dini  3
Penumbuhan Jiwa Kepemimpinan dan Kewirausahaan 3
Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus 3
24
Semester IV
Mata Kuliah SKS
Metodologi Penelitian Kuantitatif 3
Pengembangan  Fisik Motorik AUD  3
Pengembangan Bahasa AUD 2
Pengembangan Sosial Emosional AUD 2
Pengembangan Kognitif AUD 2
Perencanaan Pembelajaran 3
Pengelolaan Kelas  2
Islam Lintas Disiplin Ilmu 3
Edupreneur 2
Bahasa Inggris AUD* 2
24

 

Tahun 3

Semester V
Mata Kuliah SKS
Pengembangan Seni AUD 2
Metodologi Penelitian Kualitatif 3
Metodologi Penelitian Tindakan Kelas 2
Musik dan Gerak 2
Pengembangan Nilai Agama Moral AUD 2
Pembelajaran Sains 2
Pembelajaran Matematika 2
Penilaian Pembelajaran PAUD 3
Evaluasi Pembelajaran PAUD 2
Literasi Digital dan Kreativitas 3
23
Semester VI
Mata Kuliah SKS
Pemberdayaan dan Perlindungan Anak 3
Seminar Proposal  2
Pengajaran Mikro  3
Pendidikan Keorangtuaan 3
Administrasi dan Supervisi PAUD 2
Inovasi dan Kreatifitas 3
Pendidikan Agama Islam 3
Manajemen Program Edukatif 4
23

Tahun 4

Semester VII
Mata Kuliah SKS
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) 4
4
Semester VIII
Mata Kuliah SKS
Skripsi 
6
6

Prospek Karier

Guru PAUD/TK

Peran utama lulusan PG-PAUD di lembaga pendidikan formal dan nonformal.

Kepala Sekolah PAUD

Posisi manajerial di lembaga PAUD yang membutuhkan pemahaman pedagogis dan kepemimpinan.

Kreator Konten Edukasi Anak

Pengembang video edukatif bertema anak usia dini di berbagai platform digital.

Wirausaha Mainan Edukatif

Mengembangkan dan memasarkan mainan yang mendukung tumbuh kembang anak secara kreatif dan menarik.

Pengelola Daycare

Mendirikan dan mengelola tempat penitipan anak dengan pendekatan kekinian dan ramah anak.

Fasilitator Komunitas Parenting

Menginisiasi kegiatan edukatif untuk orang tua muda melalui komunitas daring maupun luring.

Penulis Buku Cerita Anak

Mengembangkan buku cerita bergambar bagi anak usia dini.

Pengembang Mainan Edukatif Anak

Mengembangkan mainan yang mendukung proses belajar anak-anak.

Pemateri Workshop Anak dan Keluarga

Menjadi narasumber atau fasilitator kegiatan pelatihan yang melibatkan anak-anak, guru, atau orang tua.

Fasilitas

Micro Teaching

Ruang Micro Teaching PG-PAUD dirancang menyerupai kelas anak usia dini, lengkap dengan mainan edukatif, perabot mini, dan suasana belajar yang menyenangkan. Di ruang ini, mahasiswa bisa latihan mengajar langsung seperti di dunia nyata. Tersedia juga bilik observasi—tempat dosen mengamati tanpa mengganggu jalannya simulasi, guna memberi masukan yang membangun.

Masjid Agung Al Azhar

Masjid Agung Al Azhar adalah pusat ibadah yang tidak hanya menawarkan ketenangan spiritual tetapi juga menjadi ruang untuk memperkuat ikatan komunitas dan nilai-nilai keislaman di tengah kesibukan akademis.  Melalui berbagai kegiatan keagamaan dan pembelajaran, Masjid Agung Al Azhar tidak hanya menjadi tempat singgah, tetapi juga pusat pengembangan karakter dan kepribadian yang positif.

Gedung UAI

Gedung kampus kami hadir sebagai ruang yang membangun koneksi spiritual dan intelektual bagi mahasiswa. Dengan desain arsitektur yang harmonis dan suasana yang tenang, gedung ini bukan hanya sekadar tempat belajar, tetapi juga wadah untuk mengembangkan nilai-nilai keislaman dan semangat kreativitas.

Ruang Kuliah

Di ruang kuliah Universitas Al-Azhar Indonesia, kami menghadirkan pengalaman belajar yang dinamis dan interaktif, di mana mahasiswa dapat menjelajahi keilmuan dengan dukungan teknologi modern dan metode pengajaran yang inovatif.  Dengan lingkungan yang inspiratif, mahasiswa didorong untuk berpikir kritis dan kreatif, sehingga mereka siap menghadapi tantangan global dan berkontribusi secara positif dalam masyarakat.

Perpustakaan

Perpustakaan kami adalah ruang modern yang menggabungkan koleksi buku fisik dan digital, memberikan akses mudah kepada mahasiswa untuk mengeksplorasi berbagai topik. Selain itu, kami juga menyediakan layanan pengecekan plagiarisme menggunakan TURNITIN, memastikan setiap karya akademis yang dihasilkan adalah orisinal dan berkualitas.

Auditorium

Auditorium di Universitas Al-Azhar Indonesia dikelilingi oleh desain yang menginspirasi, ruang ini tidak hanya menjadi titik temu bagi para akademisi dan mahasiswa, tetapi juga menjadi wadah untuk membagikan ide dan pengetahuan. Setiap acara yang diadakan di sini diharapkan dapat menciptakan pengalaman berharga dan memperkuat komunitas intelektual di kampus kami.

Kantin

Kantin UAI adalah tempat sempurna untuk mendapatkan momen istirahat sejenak dari rutinitas akademis. Dengan suasana yang bersih dan nyaman, kantin ini menawarkan berbagai pilihan men, mulai dari makanan ringan yang praktis hingga hidangan yang memanjakan lidah. Di sinilah mahasiswa dapat berkumpul dan berbagi cerita sambil menikmati makanan yang berkualitas.

Area Diskusi Luar Ruangan

Tempat nyaman buat kerja kelompok, brainstorming, atau nugas bareng. Tersedia colokan, kursi ergonomis, dan suasana tenang biar ide lancar mengalir.

Bank & ATM Center

Urusan keuangan jadi praktis. Tersedia layanan perbankan dan mesin ATM dari beberapa bank untuk kebutuhan transaksi harian mahasiswa dan staf kampus.

Area Olahraga

Sehat jiwa raga, produktif sepanjang semester. Fasilitas olahraga kami terbuka untuk semua—dari lapangan bola, futsal, basket, badminton sampai ping-pong. Biar kamu tetap fit, fokus, dan fresh.

Ruang Diskusi

Tempat nyaman buat kerja kelompok, brainstorming, atau nugas bareng. Tersedia colokan, kursi ergonomis, dan suasana tenang biar ide lancar mengalir.

Laboratorium Komputer

Ruang ber-AC yang dilengkapi perangkat komputer terkini. Digunakan untuk praktikum, riset, atau akses mandiri. Koneksi internet cepat tersedia untuk menunjang kegiatan digital mahasiswa.

Klinik

Pelayanan kesehatan dasar tersedia langsung di area kampus. Klinik ini siap menangani keluhan ringan, pertolongan pertama, hingga konsultasi awal dengan tenaga medis yang profesional.

Lift

Gedung UAI dilengkapi lift modern untuk mendukung mobilitas seluruh sivitas akademika. Akses yang ramah disabilitas memastikan setiap individu bisa bergerak nyaman di seluruh area kampus—tanpa batas, tanpa hambatan.

Alumni Kami

Terimakasih kepada PG PAUD UAI juga para dosen. Kuliah dengan jurusan yang menyenangkan juga bermanfaat saya jalani di PG PAUD UAI ini. Selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat, tentunya disertai dengan praktek secara langsung sehingga saya bisa menerapkan nya sekarang ini di PAUD KM 0. Memberikan pemahaman mendalam tentang perkembangan anak usia dini, metode pembelajaran, cara mendidik dan mengasuh anak, serta menciptakan lingkungan main yang aman, nyaman, dan menyenangkan.

Paras Patonah

Pendidik PAUD, PAUD Kilometer '0' Kementerian Pendidikan

Aku sangat berterimakasih kepada para dosen PG PAUD UAI yang sudah mengajarkan aku cara praktek mengajar yang sangat terpakai ketika aku mnegajar disini, kemudian aku juga diajarkan cara membuat media pembelajaran yang juga bisa aku praktekan ketika aku mengajar di Al Jabr Islamic School.

Ulfah Mina

Guru TK, Al Jabr Islamic School

Alhamdulillah, menempuh pendidikan di PG PAUD UAI tidak hanya ilmu kependidikan yang di dapat, nilai- nilai islam juga diterapkan disetiap bidang mata kuliah menjadi nilai plus tersendiri bagi lulusan PG PAUD UAI. Selain itu  pengalaman organisasi menjadi bekal bagi saya untuk memimpin dan mengelola suatu kegiatan di sekolah, hal ini tidak terlepas dari dukungan dan bimbingan dari dosen- dosen yang kompeten di bidangnya serta kerjasama prodi dengan instansi lain yang memberikan kesempatan teman- teman mahasiswa untuk belajar dan mencari pengalaman di luar kampus.

Syarifah Nurfadilah

Guru TK, KB-TK Islam Al Ikhlas

Alhamdulillah, Selama menempuh pendidikan di PG PAUD UAI, banyak sekali bekal yang saya dapatkan untuk mengejar karier saya di dunia pendidikan. Selain itu, bekal pendidikan agama pun saya mendapatknnya.

Nur Janah

Guru TK, Global Islamic School 2 Serpong

Alhamdulillah selama saya menjadi mahasiswa di PG PAUD UAI, saya mendapatkan banyak ilmu dan pengalaman terutama dalam pendidikan anak usia dini dan juga bekal pendidikan agama untuk saya mengajar di Kindergarten Syafana Islamic School Icon BSD.

Humaira Yulia Sari

Guru TK, Kindergarten Syafana Islamic School Icon BSD

Kuliah di PG PAUD Universitas Al Azhar Indonesia menjadi pengalaman yang sangat berkesan dan bermanfaat bagi saya. Banyak ilmu yang saya dapatkan dan kini bisa langsung saya terapkan dalam kegiatan mengajar. Salah satunya adalah materi tentang pola asuh anak, yang membantu saya memahami dan memilih pendekatan yang tepat untuk diterapkan di kelas. Selain itu, pembelajaran yang diperkaya dengan metode praktik juga sangat membantu meningkatkan rasa percaya diri saya saat mengajar. Saya merasa lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi dinamika pendidikan anak usia dini.

Farah Salsabila

Guru TK, Bright Little Stars Kemang - Preschool, Kindergarten & Learning Center

Kerjasama & Mitra

Informasi Pendaftaran

Biaya dan Panduan

Biaya Kuliah

Rincian Biaya 2026:

Semester 1 Semester 2 dan berikutnya
Rp8.500.000 Rp5.400.000

SYARAT DAN KETENTUAN :

1. Biaya Formulir Pendaftaran sebesar Rp. 400.000 untuk S1 (Biaya pendaftaran yang dibayar tidak dapat dikembalikan)

2. Biaya di atas dalam bentuk Ribuan Rupiah

3. Maksimal pembayaran UKT adalah tanggal 10 tiap bulan

4. Biaya belum termasuk biaya tugas akhir dan Biaya Wisuda ataupun Kebutuhan pribadi lainnya selama perkuliahan (sesuai ketentuan universitas)

5. Jika sudah melakukan pembayaran daftar ulang, tidak dapat mengganti prodi ataupun jalur masuk

6. Pengajuan Pengembalian Dana Biaya Daftar Ulang untuk Kelas Reguler S1 Jika Melakukan Pembayaran Langsung LUNAS Berlaku dengan Ketentuan Sebagai Berikut

a. Jika diterima PTN melalui jalur SNBP, SNBT dan UTBK yang diselenggarakan oleh Pemerintah, Maka akan dikembalikan 50% dari total yang sudah dibayarkan

b. Jika diterima PTN melalui jalur Mandiri atau Kedinasan, maka akan dikembalikan 30% dari total yang sudah dibayarkan

c. Jika diterima PTS atau Alasan Lainnya, Maka Tidak Ada Pengembalian Dana

7. Pengajuan Pengembalian Dana Biaya Daftar Ulang untuk Kelas Reguler S1 Jika Melakukan Pembayaran CICILAN Berlaku dengan Ketentuan Sebagai Berikut :

a. Jika diterima PTN melalui jalur SNBP, SNBT dan UTBK yang diselenggarakan oleh Pemerintah, Maka akan dikembalikan 20% dari total Daftar Ulang (angsuran 1&2)

b. Jika diterima PTN melalui jalur SNBP, SNBT dan UTBK yang diselenggarakan oleh Pemerintah, Maka akan dikembalikan 10% dari pembayaran Daftar Ulang angsuran 1

c. Jika diterima PTN melalui jalur Mandiri atau Kedinasan, Maka akan dikembalikan 10% dari total yang sudah dibayarkan

d. Jika diterima PTS atau Alasan Lainnya, Maka Tidak Ada Pengembalian Dana

8. Pengembalian dana hanya bisa dilakukan dalam batas waktu maksimal yang telah ditentukan oleh universitas, yaitu 31 Agustus 2026

Pedoman & Jalur Masuk

⧉S1

⧉S2 & S3

Lainnya

⧉Pengumuman Kelulusan

Program Kuliah

Program S1 Reguler

⧉Daftar | ⧉Program 
Diperuntukkan bagi lulusan SMU atau sederajat yang bercita-cita meraih gelar sarjana sesuai bidang keilmuan yang diminati. Metode belajar dilaksanakan secara tatap muka.

Program S1 Kelas Karyawan

⧉Daftar | ⧉Program 
Perkuliahan di kelas karyawan dilaksanakan dengan metode Hybrid learning. Yakni memadukan pertemuan tatap muka dengan pertemuan online. Dengan metode ini, mahasiswa dapat belajar dengan maksimal tanpa mengganggu waktu bekerja mereka.

Program S1 Alih Jenjang D3 (RPL) 

⧉Daftar | ⧉Program 
Diperuntukan bagi Lulusan D3 yang ingin melanjutkan pendidikan ke S1. Metode belajar memadukan pertemuan tatap muka dan pertemuan online.

Program S1 Portofolio (RPL) 

⧉Daftar | ⧉Program 
Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) menyambut baik kebijakan pemerintah dengan memberikan akses secara terbuka kepada masyarakat untuk mengajukan permohonan pengalaman belajar di masa lampau untuk diakui dan dikurangi beban belajar saat melanjutkan pendidikan di UAI. S1 Kelas Portofolio (RPL) bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi setiap individu untuk mendapatkan pengakuan capaian pembelajaran lampau, agar dapat mengikuti pendidikan formal pada Program Studi di UAI.

Program S2 Magister

⧉Daftar | ⧉Program 
Diperuntukkan bagi sarjana yang ingin meraih gelar magister. Saat ini, UAI membuka program studi
Magister Ilmu Hukum,
Magister Ilmu Komunikasi,
Magister Linguistik Terapan,
Magister Pengelolaan Sumber Daya Alam,
dan Magister Psikologi Pendidikan

bagi para sarjana yang ingin mendalami ilmau2 tersebut sebagai salah satu pendekatan dalam merespon berbagai permasalahan yang terjadi saat ini. Metode kuliah dilaksanakan secara hybrid.

Program S3 Doktoral

⧉Daftar | ⧉Program 
Dirancang untuk para magister yang ingin melangkah ke jenjang tertinggi dalam pendidikan hukum.
Universitas Al-Azhar Indonesia kini membuka Program Studi Doktor Ilmu Hukum, sebagai jawaban atas kebutuhan akan pemikiran hukum yang lebih tajam, kontekstual, dan berdampak.

Program ini ditujukan bagi akademisi, profesional, maupun praktisi hukum yang ingin memperdalam riset serta berkontribusi dalam menyelesaikan tantangan hukum di berbagai lini kehidupan.
Perkuliahan dijalankan secara hybrid, memberi fleksibilitas tanpa mengorbankan kualitas.

Informasi lebih lanjut,

tanyakan via obrolan

Kontak Kami

ALAMAT

Sekretariat Fakultas Psikologi dan Pendidikan
Universitas Al-Azhar Indonesia, Lantai 7

EMAIL
MEDIA SOSIAL