skip to Main Content
Wakil Rektor Bidang Hubungan Internasional Tomsk State University Asal Rusia Sepakati Kerjasama Dengan Universitas Al-Azhar Indonesia 

Wakil Rektor Bidang Hubungan Internasional Tomsk State University asal Rusia Sepakati Kerjasama dengan Universitas Al-Azhar Indonesia 

Kantor Urusan Internasional Universitas Al-Azhar Indonesia (KUI UAI) melangsungkan kegiatan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) dengan perguruan tinggi asal Rusia, Tomsk State University (TSU), pada Jum’at, 12 Juli 2024. Kegiatan ini termasuk dalam rangkaian acara kerja sama UAI dan TSU yang dimulai dengan Seminar Internasional pada Kamis, 11 Juli 2024. Agenda kerja sama ini dibagi menjadi dua acara, yaitu penandatangan MoU antara UAI dengan TSU di Ruang Rektor dan penandatangan MoA antara TSU dengan empat Fakultas UAI di Ruang Yahya Muhaimin. 

Acara dimulai dengan penandatangan perjanjian kerja sama antara Tomsk State University yang diwakili oleh Wakil Rektor untuk Hubungan Internasional, Prof. Artyom Yurievich Rykun, dengan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Dr. Heri Herdiawanto, S.Pd., M.Si., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Dr. Kuncoro Hadi, S.T., M.Si., Dekan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Dr. Lusi Lian Piantari, S.S., M.Hum., dan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Ir. Hidayat Yorianta Sasaerila, M.Sc., Ph.D. Setelah penandatanganan MoA selesai, Delegasi dari TSU menyampaikan pidato seputar “EdTech Products for Quality Education”. Beliau menjelaskan bahwa produk Artificial Intelligence (AI) pada dunia pendidikan dapat digunakan untuk berbagai hal, seperti (1) mengembangkan kemampuan, pengetahuan dan motivasi mahasiswa, (2) mengembangkan kemampuan pekerja, (3) proses pembelajaran, (4) sistem manajemen, dan (5) pengembangan kemampuan bahasa asing. Beliau juga berpesan bahwa AI itu boleh digunakan untuk mengembangkan kemampuan diri, bukan untuk bergantung pada teknologi tersebut. 

 Acara kedua yaitu penandatanganan MoU antara Wakil Rektor untuk Hubungan Internasional Tomsk State University, Prof. Artyom Yurievich Rykun dengan Rektor Universitas Al-Azhar Indonesia, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc. Penandatanganan MoU ini bertujuan untuk mempererat hubungan antara dua Universitas di berbagai bidang, mulai dari kerja sama penyelenggaraan pendidikan, seminar bersama, penelitian bersama, dosen tamu, hingga pertukaran pelajar (student exchange).  

Dengan suksesnya penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) antara Universitas Al-Azhar Indonesia dan Tomsk State University diharapkan dapat menguatkan hubungan persahabatan antar kedua perguruan tinggi. 

Back To Top