Jakarta — Komitmen terhadap peningkatan mutu bahan ajar terus ditunjukkan oleh Dr. Soraya, S. Pd., M. Hum., melalui peran aktifnya sebagai penilai dalam kegiatan “Penilaian Buku Teks Pendamping (BTP) Jenjang SD, SMP/MTs, danSMA (Kelas III, VI, IX dan XII)” pada tanggal 18 Oktober 2024 yang diselenggarakan oleh Pusat Perbukuan, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan.
Kegiatan ini merupakan bagian penting dari proses seleksi dan pengembangan buku teks Bahasa Inggris yang akan digunakan secara nasional oleh peserta didik pada berbagai jenjang. Dr. Soraya memberikan kontribusi signifikan dalammemastikan bahwa konten buku tidak hanya akurat secara linguistik, bebas plagiarisme dan unsur sara tetapi juga sesuai dengan prinsip pedagogi yang inklusif, kontekstual, dan sesuai dengan perkembangan kurikulum yang ditetapkankementrian pendidikan dan kebudayaan.
Dalam proses penilaian, Dr. Soraya melakukan analisis menyeluruh terhadap struktur bahasa, kesesuaian materi dengan capaian pembelajaran, serta kejelasan ilustrasi dan aktivitas. Pengalaman luasnya di bidang pendidikan Bahasa Inggris, termasuk sebagai dosen dan fasilitator pengembangan guru, menjadikannya sosok yang kompeten dalam menentukan kualitas bahan ajar yang layak untuk digunakan dalam pembelajaran di sekolah. Keterlibatannya yang konsisten dalam review buku teks sejak tahun 2018 mencerminkan dedikasi terhadap pembaruan pendidikan Bahasa Inggris di Indonesia. Peran sebagai penilai buku teks bukan hanya tugas teknis, melainkan bagian dari upaya strategis untuk mendukung pembelajaran yang bermutu dan merata di seluruh penjuru tanah air.