Program Studi Akuntansi Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI) menyelenggarakan Asesmen Lapangan Akreditasi pada Kamis dan Jumat, 6-7 Februari 2025, di Ruang Serbaguna Lantai 2. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sistem administrasi program studi, memperkuat layanan pendidikan, serta meraih predikat akreditasi unggul.
Asesmen lapangan ini dilakukan oleh tim asesor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA), yaitu Dr. Nurika Restuningdiah, S.E., M.Si., Ak., CA., CSRS. dari Universitas Negeri Malang dan Dr. Syaiful Iqbal, S.E., M.Si., Ak., CA., CPMA. dari Universitas Brawijaya.
Penilaian ini dihadiri oleh Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc. (Rektor UAI), Dr. Drs. Zirmansyah, M.Pd. (Wakil Rektor I Bidang Akademik), Ir. Ade Suryanti, M.M. IPU. (Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya), Dr. Faisal Hendra, Lc., MA. (Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni), Dr. Fuad Bawazier, MA. (Ketua Umum Yayasan Pesantren Islam Al Azhar), Dr. Hanny Nurlatifah, S.Pi., M.M. (Kepala Lembaga Penjaminan Mutu), Dr. rer. nat. Yunus Effendi, S.Pd., M.Si., M.Sc. (Kepala Lembaga Penelitian, Inovasi dan Pemberdayaan Masyarakat), Dr. Kuncoro Hadi, S.T., M.Si. (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Jumansyah, S.E., M.Sc. (Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Sari Anggraini, S.E., M.Ak. (Ketua Program Studi Akuntansi), serta staf tenaga kependidikan dan dosen Prodi Akuntansi.
Sebagai bagian penting dari proses akreditasi, asesmen lapangan bertujuan untuk memverifikasi, memvalidasi, dan mengklarifikasi data yang disajikan dalam Laporan Evaluasi Diri (LED). Selain itu, asesmen ini juga menjadi sarana bagi asesor untuk menilai langsung kinerja Program Studi Akuntansi di lingkungan UAI.
Kegiatan dibuka dengan sambutan Rektor UAI, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., yang menyampaikan bahwa Prodi Akuntansi telah mempersiapkan diri untuk menjadi program studi unggul, baik dari segi pembelajaran maupun tata kelola. Beliau menekankan bahwa akreditasi ini penting karena Prodi Akuntansi memiliki peran strategis dalam mempercepat proses internasionalisasi UAI. Lebih lanjut, beliau menyampaikan bahwa status unggul bukan sekadar pencapaian, tetapi harus menjadi budaya yang diterapkan oleh seluruh sivitas akademika UAI melalui nilai-nilai UNGGUL (Unite, Network, Growth, Great, Universal, Leading).
Tim asesor mengapresiasi konsep UAI UNGGUL yang disampaikan oleh Rektor serta menyatakan dukungan terhadap visi tersebut. Mereka menyampaikan bahwa kehadirannya ke UAI bertujuan untuk mengonfirmasi Laporan Evaluasi Diri (LED) yang telah dikirimkan oleh pihak Prodi Akuntansi sebelumnya melalui wawancara langsung dan observasi lapangan.
Pada hari pertama, 6 Februari 2025, asesmen lapangan dimulai dengan sesi bersama pimpinan unit pengelola program studi, konfirmasi data dan informasi dalam Dokumen Kinerja Program Studi (DKPS), sesi dengan pelaksana penjaminan mutu internal, pemeriksaan dokumen pendukung, sesi dengan manajemen di Unit Pengelola Program Studi (UPPS), hingga wawancara dengan dosen, mahasiswa, alumni, serta pengguna lulusan (user).
Sementara itu, pada hari kedua, 7 Februari 2025, proses asesmen lebih difokuskan pada peninjauan lapangan. Tim asesor mengunjungi berbagai fasilitas penunjang pembelajaran, seperti ruang Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Laboratorium Bank Mini Syariah, Laboratorium Akuntansi, Laboratorium Pasar Modal, Galeri Investasi Syariah, perpustakaan, ruang kelas, ruang 317 ABC, Auditorium Lantai 3, kantin Basement 1, hingga BI Corner.
Setelah menyelesaikan seluruh rangkaian asesmen, tim asesor mengumumkan hasil asesmen dalam sesi berita acara. Kegiatan ditutup dengan penandatanganan berita acara asesmen antara Prodi Akuntansi dan tim asesor, serta sesi foto bersama sebagai bentuk dokumentasi dan penutup acara.
Pelaksanaan asesmen lapangan ini menjadi bukti nyata komitmen Program Studi Akuntansi Universitas Al-Azhar Indonesia dalam menjaga dan meningkatkan mutu akademik serta tata kelola program studi demi mencapai standar pendidikan yang unggul dan berdaya saing.
- Universitas Al-Azhar Indonesia
- Universitas Al-Azhar Indonesia
- Universitas Al-Azhar Indonesia