Keluarga Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Al-Azhar Indonesia (KMPS PAI UAI) memperingati Hari Guru pada Rabu siang, 26 November 2025. Momen ini menjadi wujud apresiasi mahasiswa kepada para pendidik yang telah membimbing mereka dalam proses akademik maupun spiritual.

Peringatan Hari Guru berlangsung di Lobi UAI dan dihadiri oleh sekitar 100 mahasiswa PAI. Suasana keakraban mulai terasa sejak beberapa mahasiswa menjemput Ketua Program Studi (Kaprodi) PAI UAI, Bahrul Ulum, B.Sc., M.A., Ph.D., dan mengantarnya menuju lokasi tanpa memberi tahu bahwa sebuah kejutan telah dipersiapkan. Sesampainya di Lobi, beliau disambut meriah dengan lantunan “Hymne Guru” yang menghadirkan suasana haru dan penuh kebersamaan.

Tidak hanya itu, para mahasiswa juga memberikan berbagai hadiah kepada Kaprodi, mulai dari parsel, kue, hingga baju kemeja. Pemberian ini menjadi simbol terima kasih sekaligus bentuk penghargaan atas bimbingan, perhatian, dan dedikasi yang telah beliau berikan selama ini.

Pada peringatan Hari Guru ini, Bahrul Ulum, B.Sc., M.A., Ph.D., selaku Kaprodi menyampaikan rasa terima kasih dan berpesan bahwa menghormati dosen tidak boleh berhenti pada momen peringatan semata, melainkan harus menjadi kebiasaan yang mencerminkan kedewasaan dan adab akademik. “Menjaga komunikasi yang santun, baik melalui pesan maupun saat berinteraksi secara langsung, itu sangat penting karena salam, ucapan terima kasih, dan sikap sopan adalah bentuk penghargaan yang bernilai besar”, pesan beliau.

Ketua KMPS PAI UAI, Alwi Hasibuan, turut menyampaikan apresiasi kepada seluruh dosen PAI yang telah membimbing mahasiswa baik dari sisi akademik maupun keorganisasian. “Saya berharap seluruh mahasiswa dapat terus membawa nama baik prodi dan berkembang menjadi generasi PAI UAI yang berprestasi”

Peringatan Hari Guru ini menjadi bukti hangatnya hubungan antara mahasiswa dan dosen di Prodi PAI UAI, sekaligus menguatkan semangat untuk terus menjaga adab, komunikasi santun, dan budaya saling menghargai dalam kehidupan akademik.