skip to Main Content
Universitas Al-Azhar Indonesia Tandatangani Kerjasama Perkuat Kemampuan Bahasa Asing Bersama Universitas Pancasila, Annyeong Edu Indonesia, Dan PT Rajawali Berdikari Indonesia 

Universitas Al-Azhar Indonesia Tandatangani Kerjasama Perkuat Kemampuan Bahasa Asing Bersama Universitas Pancasila, Annyeong Edu Indonesia, dan PT Rajawali Berdikari Indonesia 

Dalam rangka mengimplementasikan program UAI Unggul seputar peningkatan kualitas sumber daya manusia, Rektor Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI), Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., menghadiri penandatanganan kerja sama perkuat kemampuan bahasa asing yang diselenggarakan oleh Universitas Pancasila di Aula Fakultas Teknik Universitas Pancasila pada Kamis, 29 Agustus 2024. Fokus dari kerja sama ini adalah pembelajaran Bahasa Mandarin, Bahasa Korea, dan Bahasa Jepang. 

Penandatanganan kerja sama ini dihadiri oleh jajaran pimpinan Universitas Al-Azhar Indonesia, seperti Rektor, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., Wakil Rektor II Bidang Sumber Daya, Ir. Ade Suryanti, M.M., IPU., Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kerjasama, Dr. Bambang Eko Samiono, S.T., M.M., Wakil Ketua Confucius Institute (Pusat Bahasa Mandarin) UAI, Drs. Murni Djamal, M.A., serta Direktur Tiongkok Confucius Institute, Wang Daxin. 

Dalam sambutannya, Rektor UAI, Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., menyampaikan terima kasih kepada Universitas Pancasila atas undangan dan partisipasi UAI dalam acara ini. “Kami sangat senang dapat bermitra dalam upaya peningkatan kompetensi bahasa asing. Semoga kolaborasi ini memberikan manfaat nyata bagi mahasiswa dan tenaga pengajar di Indonesia ke depannya,” ujar beliau. Rektor juga menekankan pentingnya penguasaan bahasa asing, terutama Bahasa Mandarin, Korea, dan Jepang, bagi generasi muda Indonesia di masa depan. Selain itu, beliau menjelaskan bahwa UAI telah memiliki Confucius Institute atau Pusat Bahasa Mandarin pertama di Jakarta yang berdiri pada tahun 2010, Program Studi Bahasa Mandarin & Kebudayaan Tiongkok, serta Program Studi Bahasa & Kebudayaan Jepang. 

Puncak acara yaitu penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas Al-Azhar Indonesia, yang diwakili oleh Prof. Dr. Ir. Asep Saefuddin, M.Sc., (Rektor UAI) dan Universitas Pancasila oleh Prof. Dr. Ir. Marsudi Wahyu Kisworo, IPU., (Rektor Universitas Pancasila). Selain itu, sesi penandatanganan juga melibatkan perwakilan dari lembaga-lembaga mitra, seperti PT Rajawali Berdikari Indonesia, yang diwakili oleh Syarif Hidayatullah, S.Pd., CHc., MCHt., (Operational Head of PT Rajawali Berdikari Indonesia), serta Annyeong Edu Academy oleh Reyniel Fero Walandouw (Komisaris Annyeong Edu Indonesia). 

 

 

 

 

 

 

Back To Top